Layanan Unggulan

Rumah Sakit Umum Daerah Ende memberikan fasilitas unggulan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan keluarga Anda, berupa:

  • Poli Laktasi

Bunda, ASI adalah hadiah terbaik dari Bunda bagi si kecil, dilengkapi dengan berbagai nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya, mulai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan antibodi agar tubuh si kecil nantinya bisa kuat melawan berbagai infeksi. Dengan ASI yang baik, si kecil bisa tumbuh menjadi anak yang kuat, cerdas, dan tangguh. Bagi Bunda yang sibuk bekerja, ASI tetap harus dipompa dan disimpan dengan benar, agar bisa diberikan kepada si kecil di waktu yang tepat, cara pemberiannya pun harus tepat, agar si kecil tidak bingung dengan ASI perah dan ASI yang diberikan langsung dari puting Bunda.

Pemberian ASI harus dipersiapkan sejak kehamilan, agar ilmu dan bekal Bunda cukup ketika mulai memberikan ASI. Klinik Laktasi RSUD Ende dapat menemani Bunda untuk mempersiapkan pemberian ASI hingga saat pemberian ASI dan MPASI. Bunda akan memperoleh konseling tentang cara memberikan ASI yang tepat kepada si kecil, posisi dan waktu yang tepat, cara menyelesaikan berbagai masalah puting (seperti puting lecet, puting terbenam, payudara bengkak atau tersumbat), cara memompa dan menyimpan ASI perah, cara memberikan ASI perah kepada si kecil, hingga persiapan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI). Berbagai masalah juga dapat Bunda temui di tengah perjalanan pemberian ASI, seperti berat badan si kecil lambat naik, infeksi payudara, atau bendungan payudara. Tenang Bun, konsultasikan semua masalah tersebut di Poli Laktasi RSUD Ende, dan dapatkan solusi yang tepat.

  • Poli Tumbuh Kembang

Memiliki bayi yang sehat dengan proses persalinan yang lancar adalah harapan semua orang tua. Tetapi tidak semua harapan tersebut dapat terpenuhi. Bayi dapat lahir dengan berat badan rendah (kurang dari 1500 gram), atau lahir secara prematur (kurang bulan), lahir dengan infeksi bawaan sejak kehamilan (seperti infeksi toxoplasma, rubella, CMV, dan lahir dari ibu dengan infeksi HIV/AIDS), atau lahir dengan kelainan bawaan, seperti sindrom Down dan cerebral palsy. Dalam masa perinatalnya sejak usia 7 hari hingga 28 minggu, bayi juga dapat menghadapi berbagai masalah seperti kuning, kejang, atau gangguan napas.

Seiring pertambahan usia, tentu Ayah dan Bunda tidak sabar ingin melihat si kecil sudah bisa jongkok dan berjalan, sudah mulai berbicara, atau mengenali lingkungan sekitarnya. Tetapi pada beberapa keadaan tertentu, si kecil dapat mengalami gangguan tumbuh kembang, seperti keterlambatan kemampuan berbicara dan gangguan komunikasi, gangguan motorik/kemampuan bergerak, seperti keterlambatan untuk bisa berdiri sendiri, hingga gangguan pemusatan perhatian, hiperaktif dan autis. Dalam keadaan tertentu, si kecil bisa saja mengalami gangguan pergerakan karena kelainan bentuk tulang dan otot.

Poli tumbuh kembang RSUD ENde siap menemani Ayah dan Bunda menghadapi berbagai masalah tersebut, menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan tepat dan benar dengan berbagai metode pengobatan terbaik yang sudah diracang khusus oleh Dokter Spesialis Anak dan Fisioterapis, sehingga si kecil dapat tumbuh dan berkembang secara normal ke depannya, tetap dapat belajar di sekolah, bermain dengan teman-temannya, dan terlibat aktif dalam kehidupan sosial.

RSUD Ende juga memiliki layanan dan fasilitas, berupa :

  •  Pelayanan Hemodialisa / Hemodialisis

Hemodialisis merupakan salah satu jenis terapi pasien gagal ginjal. Hemodialisis digunakan untuk ‘menggantikan’ sebagian fungsi ginjal. Walau tidak sesempurna fungsi asli ginjal, hemodialisis dapat membantu menormalkan kembali keseimbangan cairan, membuang sisa metabolisme tubuh, menyeimbangkan asam-basa-elekterolit dalam tubuh, dan membantu mengendalikan tekanan darah. Hemodialisis bukanlah sebuah vonis yang menakutkan. Bahkan selama melakukan proses hemodialisis aktivitas pasien masih bisa dilakukan dengan normal.

  • PelayananEndoskopi.

 Mual, muntah, nyeri saat menelan, nyeri dan rasa terbakar di ulu hati, rasa tidak nyaman di perut yang terjadi secara berulang merupakan beberapa gejala kelainan saluran pencernaan bagian atas (mulut, kerongkongan, lambung, hingga usus dua belas jari). Kelainan tersebut dapat berupa iritasi lapisan saluran cerna, infeksi, refluks asam lambung, perdarahan, hingga tumor. Untuk memastikan diagnosis kelainan, Dokter membutuhkan visualisasi atau gambaran saluran cerna Anda. Dokter akan mendorong endoskop secara perlahan masuk ke dalam saluran cerna Anda untuk melihat kelainan yang terjadi. Apabila kelainan tersebut dicurigai sebagai tumor atau iritasi lama yang menyebabkan perubahan struktur sel dan jaringan, maka Dokter kemudian akan mengambil sampel/contoh jaringan dari saluran cerna Anda. Dengan fasilitas dan kemampuan terbaik, pemeriksaan endoskopi RSUD Ende akan dilakukan dengan profesional dan nyaman, sehingga gambaran hasil pemeriksaan endoskopi dapat membantu Dokter menegakkan diagnosis penyakit Anda dan memberikan terapi yang tepat.

  •  Pelayanan Obstetrik Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK)

Pengertian : Ponek adalah pelayanan obstetrik Neonatal Emergensi Komprehesif. 

Tujuan : Mampu menyelamatkan ibu dan anak baru lahir melalui program rujukan berencana dalam satu wilayah kabupaten/kota atau propinsi. 

Jenis Layanan : 

a. Stabilisasi di IGD dan persiapan untuk pengobatan definitif

b. Penanganan kasus gawat darurat oleh Tim PONEK Rumah Sakit di Ruang Tindakan

c. Penanganan Operatif cepat dan tepat  meliputi laparotomi, dan seksio sesarea

d. Perawatan Intensif ibu dan bayi

e. Pelayanan Asuhan Antenatal Resiko tinggi