Tentang Kami

RSUD Ende telah didirikan pada tahun 1912 oleh J.H.Hyner, P. Danset, P. Samadara dan Mboro. Keempat orang tersebut sekaligus merupakan tenaga pelayan kesehatan pertama pada Rumah Sakit Umum Ende. Pada tahun 1922 Rumah Sakit Umum Ende mulai dipimpin oleh seorang dokter yaitu dr. Boesman tetapi belum mempunyai tenaga pembantu. Pada tahun 1937 secara resmi dilaksanakan pembangunan fisik Rumah Sakit Umum Ende. Tanggal 8 September 1937 dilakukan peletakan batu pertama oleh dr. W.E.F.Wingkel dan tanggal inilah dianggap sebagai tanggal lahirnya Rumah Sakit Umum Ende.

Gambar 1. Gedung Lama RSUD ENDE Tahun 2017

Pada tanggal 8 desember 1952 dikeluarkan PP Nomor 50 Tahun 1952 (LN RI No. 81 Tahun 1952) TLN No. 337, yang memutuskan pelimpahan wewenang dari Pemerintah Pusat kepada Daerah Swatantara Kabupaten, Kota besar, Kota kecil, untuk mendirikan dan menyelenggarakan Rumah Sakit dan Balai Pengobatan, guna memenuhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat SeiringberjalannyawaktuRumah Sakit Umum Ende terus melakukan perbaikan terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat termasuk perbaikan sarana prasarana, peralatan kesehatan dan sumber daya manusia.

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1236/MENKES/X/1997 status RSUD Ende ditingkatkan dari type D ke type C yang struktur organisasi dan tata kerjanya diatur melalui Peraturan Daerah Tingkat II Kabupaten Ende Nomor 21 Tahun 1998, kemudian diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Ende Nomor 9 Tahun 2008 Tanggal 23 Juli 2008 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Ende dengan kapasitas 115 tempat tidur (TT).

Gambar 2. Gedung baru RSUD Ende 2018

Berdasarkan Keputusan Bupati Ende Nomor 384 Tahun 2012 tanggal 27 November 2012 RSUD Ende ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan diberi fleksibilitas dalam tata kelola keuangan sesuai peraturan yang berlaku. Pada tahun 2014 kapasitas tempat tidur bertambah menjadi 145 tempat tidur (TT) dengan rincian : Ruang Penyakit Dalam 36 TT, Ruang Perawatan Bedah 16 TT, Ruang Perawatan Anak 22 TT, Ruang Kebidanan dan Kandungan 26 TT, Ruang ICU 7 TT, Ruang Perinatal 20 TT dan Ruang Paviliun 7 TT, dengan alokasi tiap kelasnya sebagai berikut Kelai I 27 TT, Kelas II 22 TT, Kelas III 71 TT, VIP 14 TT dan Paviliun 7 TT. RSUD Ende mempunyai 1 (satu) ruang rawat inap yang khusus merawat pasien dengan penyakit nemular dengan alokasi 7 TT.

VISI, MISI DAN MOTTO

VISI RSUD Ende :

Menjadi Rumah Sakit yang Handal Dalam Pelayanan Rujukan, Pendidikan dan Ramah Lingkungan.

MISI RSUD Ende :

  • Meningkatkan kemampuan penyembuhan penyakit, pemulihan kesehatan dan mencegah kecacatan.
  • Meningkatkan pelayanan kesehatan yang terjangkau oleh masyarakat dengan dilandasi etika profesi.
  • Mengembangkan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia.
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana.
  • Menjaga kualitas kesehatan lingkungan.
  • Meningkatkan kesejahteraan karyawan.

MOTTO RSUD Ende

Suatu ungkapan, semboyan atau brand image sebuah layanan atau kegiatan yang dapat menggerakan pencitraan.

Motto RSUD Ende : Fonga Sama Melayani dengan Hati dan Senyum

Arti dari motto = Fonga = Kebersamaan

Kebersamaan untuk melayani dengan HATI dan SENYUM

  • PRINSIP DASAR DAN TUJUAN RSUD ENDE

Prinsip-Prinsip Dasar :

  1. Peningkatan komitmen SDM di Bidang Pelayanan.
  2. Penataan kelembagaan dengan mempertegas korelasi dan peran antar unit pelayanan terhadap peningkatan mutu layanan.
  3. Penyelenggaraan manajemen rumah sakit yang akuntabel.
  4. Peningkatan kualitas dan kuantitas SDM sesuai kebutuhan.
  5. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan tenaga kesehatan yang berkualitas
  6. Adanya fleksibilitas pengelolaan keuangan dengan tetap memperhatikan aspek pengendalian internal yang berpihak kepada kepentingan pasien.
  7. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang aman, tepat, informatif, hemat mutu dan manusiawi sesuai prosedur rumah sakit.

Tujuan RSUD Ende         

Tujuan Rumah Sakit Umum Daerah Ende adalah mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal dengan memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna.

Untuk menjalankan tugas memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna, Rumah Sakit Umum Daerah Ende mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyelenggaraan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit.
  2. Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang paripurna sesuai kebutuhan medis.
  3. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan.
  4. Penyelenggaraan penelitian dan pengembangan serta penapisan teknologi bidang kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan etika ilmu pengetahuan bidang kesehatan.
  5. Menyelenggarakan administrasi umum dan keuangan.